Pewaris MP Mas Hemi Ini Ingin Pencak Silat Mendunia

TRIBUNJOGJA.COM - Belajar pencak silat sedari dini, membuat Nehemia Budi Setyawan begitu mencintai olahraga beladiri asli Nusantara ini.

Pencak silat begitu mendarah daging bagi putra almarhum Budi Santoso Hadi Poernomo, guru besar Perguruan Pencak Silat Beladiri Tangan Kosong (PPS Betako) Merpati Putih.

Sebagai pewaris perguruan, tekad Hemi, demikian ia akrab dipanggil, sudah bulat untuk membesarkan pencak silat. Bukan lagi di tingkat nasional, namun hingga dunia internasional.

Jalan terjal jelas menghadang misi besarnya, namun Hemi tak pantang menyerah. 
Promosi seni beladiri yang juga budaya nusantara itu terus digaungkan.

“Cita-cita saya, pencak silat khususnya MP (Merpati Putih) bisa diterima masyarakat dunia dan sejajar dengan bela diri dari negara-negara lain. Sehingga tidak dipandang sebelah mata,” ungkapnya.

Baginya hal ini tidak berlebihan, mengingat pencak silat juga merupakan identitas Bangsa Indonesia yang telah diwariskan dan dijaga secara turun temurun. Bahkan tidak sedikit prestasi yang ditorehkan melalui cabang olahraga pencak silat.

Beberapa kali terbang ke luar negeri pun dilakoninnya untuk memperkenalkan pencak silat. Hasilnya tidak sia-sia, sudah ada delapan cabang resmi Merpati Putih di luar negeri termasuk Amerika Serikat, Belanda, Jepang dan rencananya menyusul tiga cabang resmi lainnya.

“Beberapa kali keluar negeri untuk memperkenalkan pencak silat, supaya orang asing tahu ini pencak silat Indonesia,” katanya.

Secara umum, ia menilai pencak silat Indonesia lebih dikenal di luar negeri dibandingkan silat dari dari negara serumpun seperti Malaysia.

Bahkan di masyarakat di Eropa, Amerika, dan Australia mengenal pencak silat merupakan beladiri asli Indonesia seperti halnya karate dari Jepang atau taekwondo dari Korea.

Dengan pandangan tersebut, membuat pria kelahiran Yogyakarta, 7 Agustus 1975 itu semakin bersemangat membesarkan pencak silat.

Kendati demikian, ia merasa pemerintah harus ikut serta untuk mengembangkan pencak silat.
Terutama mengenalkan pencak silat sebagai budaya bangsa di lingkungan pendidikan.
Sehingga diharapkan mampu mengimbangin perkembangan pencak silat di luar negeri.

Artikel ini telah tayang di Tribunjogja.com dengan judul Pewaris Perguruan Merpati Putih Ini Ingin Pencak Silat Mendunia, http://jogja.tribunnews.com/2017/11/07/pewaris-perguruan-merpati-putih-ini-ingin-pencak-silat-mendunia?page=all.
Penulis: ang
Editor: Gaya Lufityanti

Comments